Belitung. Sudah lama Emak mendengar tentang destinasi favorit banyak orang ini. Dulu saat masih sekolah Emak mengenalnya sebagai wilayah penghasil timah. Saat ini tak hanya timah, keindahan alamnya jadi incaran banyak orang.

„Air lautnya bening banget,“ kata seorang sahabat.

„Makanannya enak-enak,“ kata yang lainnya.

„Pemandangannya juara, deh!“ lainnya menambahkan.

Siapa tidak ngiler mendengar testimoni seperti ini. Apalagi anggota keluarga pelancong semuanya suka berwisata alam. Jadi cocok deh Belitung ini kami jadikan destinasi wisata suatu saat nanti. In shaa Allah.

Setelah menonton film Laskar pelangi bertahun lalu, rasa penasaran Emak terhadap Belitung makin kuat. Alhamdulillah setelahnya dapat kenalan asal Belitung. Emak pun mengorek informasi. Ada apa saja di pulau cantik ini? Ada banyak banget yang bisa dieksplor di Belitung, kata seorang kenalan. Beliau pun memberikan beberapa contoh.

1. Timah

2. Pantai Berpasir Putih

3. Laskar Pelangi

4. Tarsius Bancanus Saltatore

5. Wisata kuliner

6. Island hopping dan snorkeling

7. Jelajah pantai-pantai sunyi

8. Ecotourism

9. Danau Kaolin

Wah, banyak sekali objek wisata Belitung, yaks! Padahal itu belum mencakup semuanya, lho! Selama berada di Belitung, kita tak perlu khawatir bakal dilanda bosan. Banyak sekali tempat bisa dikunjungi dan dieksplor. Yuk kita coba bahas satu per satu destinasi wisata di atas.

Timah

Timah merupakan salah satu sumber daya alam terpenting Belitung. Ia penghasil timah terbesar di tanah air. Menurut situs Wonderful Indonesia, timah mulai ditemukan dan ditambang sejak abad 17. Sekarang penambangan tidak sesemarak dahulu. Akan tetapi, banyak hal bisa kita pelajari mengenai timah Bangka Belitung.

Misalnya saja di Museum Timah. Tempat wisata edukasi ini berlokasi di kota Pangkalpinang. Atau bisa juga kita kunjungi bekas penambangan timah dalam. Sebuah open pit di daerah Kelapa Kampit. Namanya Ki Karak. Sisa-sisa galian membentuk kolam air berwarna hijau. Letaknya di tengah perbukitan.

Pantai Berpasir Putih

Pantai Tanjung Tinggi Belitung (foto: Viscatour)

Pantai Tanjung Tinggi Belitung (foto: Viscatour)

Meski memiliki daerah pertambangan timah, masyarakat Belitung menolak tambang laut. Maka dari itu lautnya pun masih cantik alami. Seperti Wisata Pantai Tanjung Tinggi. Dimana kita bisa menikmati hamparan pantai berpasir putih dan bebatuan granit besar-besar. pantai ini sepertinya salah satu must see di Belitung: Setiap teman Emak melancong kemari, selalu ada foto berlatar belakang pasir putih dan formasi batuan unik tersebut.

Pantai Tanjung Tinggi bisa dicapai setelah menempuh perjalanan sekira 45 menit dari bandara Hanandjoeddin, Belitung. Atau sekitar 30 menit dari kota Tanjung Pandan.

Salah satu destinasi terbaik di Belitung ini, namanya diambil dari tanjung = semenanjung dan tinggi = karena bebatuan tinggi yang dimilikinya. Banyak di antara batuan granit ini memiliki ukuran super besar. Hingga sebesar rumah.

 Laskar Pelangi

Pertama menonton film garapan Riri Riza ini, Emak terharu, sekaligus bangga, sekaligus terkenang akan masa kecil. Emak suka membayangkan hal-hal berbau petualangan. Serta bermimpi menjelajah dunia sedari kecil.

Lewat film ini, Emak serasa menjelajahi Belitung. Mengenal keindahannya secara visual. Kesuksesan novel dan film Laskar Pelangi membuat banyak orang termasuk Emak ingin datang kemari. Lokasi-lokasi syuting film menjadi incaran pelancong. Seperti Pantai Tanjung Tinggi dan sekolah SD Muhammadiyah.

Sang Penulis Laskar Pelangi, Andrea Hirata mendirikan Museum Kata di Belitung Timur. Museum ini menampilkan segala hal yang berhubungan dengan novel dan film ciamik Laskar Pelangi.

Tarsius Bancanus Saltator

Satu lagi nih keunikan khas Belitung. Satwa bernama Tarsius Bancanus Saltator. Satwa mungil seukuran kira-kira sekepalan tangan orang dewasa ini memiliki mata lebar serta ekor yang melebihi panjang tubuhnya. Ia bisa ditemukan di Taman Wisata Alam Batu Mentas.

Wisata Kuliner

Jalan kemana-mana, tak lengkap lah kalau belum berwisata kuliner. Termasuk jika sedang berkunjung ke Belitung. Sebagai wilayah kepulauan yang dikelilingi oleh lautan, tidaklah mengherankan jika hasil laut menjadi santapan sehari-hari warga lokal. Yang wajib dicicipi para pelancong. Ada setidaknya dua kuliner khas Belitung yang tak boleh dilewatkan.

– Gangan

Makanan khas Belitung

Gangan (Foto: Viscatour)

Menurut situs Viscatour, Gangan merupakan sejenis sup ikan bercitarasa istimewa. Paduan rasa asam dan pedas kuahnya yang berwarna kuning demikian segar di lidah. Daging ikannya yang gurih menjadi sajian yang pas sebagai teman sepiring nasi panas.

Gangan tidak menggunakan santan. Rempah-rempah yang digunakan untuk memasak Gangan antara lain ; bawang merah, bawang putih, cabai merah, cabai rawit, lengkuas, sereh, kemiri, daun salam, potongan buah nanas, dan asam. Sementara itu warna kuning didapat dari warna alami kunyit. Gangan biasanya dimasak pedas agar dapat menetralisir bau amis ikan.

Gangan lebih enak bila disajikan saat masih hangat. Ada beberapa jenis ikan yang biasa dimasak menjadi gangan. Beberapa yang umum adalah ikan ketarap, kakap merah, dan ikan bulat, terutama bagian kepalanya.

 

– Mie Belitung

Mie kuning yang ditumpuk bersama tauge dan irisan ketimun, tahu, kentang, lalu disiram kuah udang dan kuah kaldu kental berwarna kecoklatan. Mie ini juga ditaburi dengan emping dan bawang goreng. Tambahkan perasan jeruk nipis dan sedikit sambal.

Slrppppp, membayangkannya saja dah bikin ngiler.

Island Hopping dan Snorkeling

Penyu Belitung

Tukik di Pulau Kepayang (Foto: Viscatour)

Belitung memiliki gugusan pulau-pulau kecil di sekitarnya. Ada hampir 200 pulau kecil berpasir putih. Hanya beberapa puluh saja yang berpenghuni. Banyaknya pulau kecil di sekitar Belitung menjadikan laut di sekitar pulau dangkal dan jernih. Salah satu objek island hopping terkenal adalah wisata menuju Pulau Kepayang.

Pulau Kepayang bisa ditempuh dengan perahu nelayan bermesin selama kurang lebih 15 menit dari Pantai Tanjung Kelayang. Sarana fasilitas umum di pulau ini sudah memadai. Tersedia rsor nyaman serta restoran. Pulau Kelayang juga menjadi salah satu lokasi penangkaran penyu. Anda bisa melihat penyu sisik dan penyu hijau yang banyak ditemukan di sekitar Belitung.

Tur ke Pulau Lengkuas biasanya juga tak dilewatkan pengunjung. Sebuah pulau cantik seluas kira-kira sehektar. Bisa dicapai dengan menyewa perahu beramai-ramai. Mercusuar putihnya telah menjadi salah satu ikon Belitung. Saat ini, mercusuar tersebut masih berfungsi. Dari Mercuar, kita dapat menikmati hamparan keindahan pantai pasir putih, birunya laut dan formasi cantik batuan granit.

Selain menikmati kecantikan pulau-pulau kecil di sekitar Belitung, cobalah aktivitas lain yang tak kalah seru: Snorkeling! Tempat wisata Tanjung Tinggi dan Pulau Lengkuas merupakan destinasi snorkeling asyik.

Jelajah Pantai-Pantai Sunyi

Ingin mengeksplor pantai yang masih sunyi dan jarang pengunjung? Jangan khawatir. Di Mambalong terhampar Pantai Penyabong nan eksotis. Ia berada di sebelah selatan Belitung. Berjarak hampir 60 km dari pusat kota. Atau sekitar 1,5 jam perjalanan mobil.

Ecotourism

Wisata pantai sudah, snorkeling sudah, kulineran pun sudah, pun wisata edukasi. Sekarang bagaimana jika kita nikmati ecotourism di Belitung. Mari kita ke Selat Nasik. Menurut Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kabupaten Belitung, Selat Nasik sangat berotensi sebagai destinasi wisata minat khusus dengan mengedepankan pemberdayaan masyarakat lokal dan pelestarian lingkungan.

Main Land Tour Mendanau adalah pulau terbesar di Kecamatan Selat Nasik. Menjelajahi pulau ini dapat dilakukan dengan transportasi desa atau berjalan kaki sembari menikmati suasana desa pesisir dan menyaksikan keseharian masyarakatnya. Mulai dari pembuatan perahu tradisional, merajut jala, membuat kerajinan dari daun lais dan pandan laut, berbaur dalam kehangatan warung kopi pesisir, atau bermain air di Pantai Pasir Panjang yang landai, hingga mengolah hasil laut menjadi sajian yang nikmat.

Ekowisata ditawarkan dalam bentuk kelekak durin (kebun durian) dan perkebunaan lada penduduk, di mana wisatawan dapat ikut serta memanen lada atau ngerepak durin (menunggu durian jatuh dari pohon). Muar madu (panen madu) juga dapat menjadi atraksi yang penuh tantangan. Pesona lain Mendanau adalah sunset afternoon tea di tepi pantai: bercengkerama dengan sahabat dan kerabat di bawah langit senja dan cakrawala yg memerah, sementara ombak berlarian diantara langkah nelayan yang menggiring perahu menuju laut. Azan berkumandang, dan senja eksotis memantulkan siluet pada pasir dan bebatuan.

Mangrove dan Pulau-pulau Kecil Hutan mangrove Selat Nasik adalah salah satu mangrove asli dengan kerapatan paling tebal di dunia. Merupakan wilayah konservasi yang tersebar di sungai berang, petaling, dan desa selat nasik. Rumah bagi berbagai biota laut dan beberapa jenis burung lokal. Menyusuri hutan mangrove dengan berperahu di sepanjang sungai dan sekeliling pulau ini merupakan pengalaman yang cukup mendebarkan namun penuh sensasi. (Dari situs Dsiparekraf Belitung)

Danau Kaolin

Selain timah, Belitung memiliki sumberdaya tambang kaolin (clay). Kaolin digunakan sebagai bahan pabrik dan perusahaan kosmetika. Bekas-bekas tempat penambangan kaolin membentuk danau-danau berair biru tosca. Kontras dengan warna putih batuan kaolin. Berlokasi di Desa Air Raya, tempat ini relatif mudah dan dekat diakses dari Tanjung Pandan.

***

Tuh, kan…. jadi tambah semangat nih ingin menjelajahi Belitung. Sekarang akses menuju Belitung sudah semakin mudah. Kita bisa menggunakan pesawat terbang atau kapal laut. Dari bandara Sukarno – Hatta, kita hanya butuh sejam terbang ke Tanjung Pandan. Berbagai maskapai tanah air pun telah melayani penerbangan ke kota ini.

Untuk transportasi darat di Belitung anda bisa menyewa taxi, atau rental mobil sesuai kebutuhan. Anda juga bisa memesan sewa mobil avanza, innova, elf, hice, bus pariwisata di Belitung dengan harga mulai dari 300-ribuan. Sewa mobil harian dengan driver wisata, termasuk BBM juga bisa anda temukan dengan mudah.

Jika tak punya waktu untuk merencanakan perjalanan wisata ke Belitung pun, Anda tidak perlu khawatir. Tinggal pilih paket-paket wisata. Salah satunya yang ditawarkan oleh VISCATOUR.

Paket wisata Bangka Belitung

Viscatour Belitung

Viscatour  memfokuskan diri pada destinasi wisata domestik khususnya Paket Tour Belitung, Paket Tour Bangka dan Paket Liburan Bangka Belitung. Sebagai Tour and Travel Lokal di Bangka Belitung layanan mereka telah dipercaya dan dinikmati oleh ribuan klien baik domestik hingga mancanegara. Mulai dari individu, keluarga, rombongan/group, komunitas, perusahaan swasta, Bank, BUMN, hingga instansi negara.

Di Viscatour kita bisa memilih. Apakah mau salah satu dari beberapa paket wisata yang ditawarkan. Atau memilih Open Trip saja. Paket Wisatanya beraneka rupa. Ada Tour Belitung Tanpa Hotel, Tour Bangka 2 Hari 3 Malam, Tour Bangka Belitung 4D3N, Paket Wisata Belitung 3 Hari 2 Malam, serta Paket Tour Belitung Murah 4D3N. Sedangkan Open Trip hanya dibuka sebulan sekali. Sistemnya shared cost. Sehingga bisa lebih murah. Ini trip bestseller Viscatour.

Untuk Informasi pemesanan dan penawaran spesial silahkan hubungi salah satu kontak di bawah ini :

Hotline: 081949108582

BBM: 25B5CF0C

WhatsApp: 082182988898

Email: viscatour@mail.com

Possibly Related Posts:


Tags: , , , , ,

20 Responses to “Selalu Ada Alasan Kembali ke Belitung”

  1. Emakmbolang says:

    Kebetulan Kakakku sekarang ditugaskan di Sumatra lagi. cuman di palembang. Sebelumnya di Belitung. Sebelum terkenal seperti saat ini. Kaka sudah ceerita tentang keindahannya dengan bebatuan menghias cantik. Semoga bisa overland kesana lagi. Aamiin

  2. ira says:

    @Zulfa: aku juga pernah liat penawaran naik kapal PELNI ke Belitung. SOund very interesting, deh! hehe.

  3. kiky says:

    Woooowww, pasir pantainya putih, lautannya menghijau cantik eksotik, kpn ya kesana, moga ada kesempatan gratisan, :) :)

  4. ira says:

    @Kiky: iyaaa…. pantainya itu gak nguatin. Cantik banget dah..

  5. Dee An says:

    Udah lama mupeng ke Belitung… Tapi sampai sekarang belum kesampaian juga :'(

    Aku pengen ke museum kata, pengen ngopi di kota 1001 warung kopi, pengen main di pantai-pantai cantiknya, pokoknya pengeeeeen banget ke Belitung….

  6. Katerina says:

    Aaaah makin mupeng pingin menjejak Belitong. Semoga September nanti terlaksana dan dapat mengunjungi itu semua. Aamiin.

  7. ira says:

    @Mbak Dee An: Tosss…. aku pengen nyobain gangan ama ngopi. :)

  8. ira says:

    @Mbak Rien: aamiin… Hiks sayang diriku sudah di luar Indonesia. Coba bisa ngekor, yah. hehe

  9. Lestarie says:

    Udah pernah sekali ke sana dannnn….ketagihan! Masih banyak yang ingin dijajah :)

    Yuk barengan, Mbak ^^

  10. Waaa jadi penasaran kmrn pas sodara kumpul pada nawari ke belitung, gak ada pantai yg jelek di sana… Mupeenggg

  11. ira says:

    @Tarie: Aamiin.. Moga2 trip ke Belitungnya bisa barengan, yah…

    @Ima: bener, pantainya indah2 menggoda iman, Ma. Yukkk ke Belitung rame2!

  12. Gangannya bikin penasaran, sama deh sama Belitungnya juga hehe

  13. yessi says:

    memang jalan2 ke belitung bikin nagih….pemandangan indah…makanan enak….yummy

  14. ira says:

    @Zahra: tosss dulu. Aku suka makan ikan laut. Makanya penasaran banget ama gangan.

    @Yessi: huuuuaaaa, yg dah pernah ke Belitung. Bikin ngiri aja, deh..

  15. rosi meilani says:

    Wah, jadi pengen ke Belitung euy…

  16. ira says:

    @Mbak Rosi: Samaaaaa… aku juga pengen banget. :)

  17. Ervin says:

    Udaaaah, pack your bags, Mbak Ira. Hahah…
    If there is such thing called heaven on earth, this is it.
    *Sayang belum sempet liat tarsius.

  18. ira says:

    @Ervin: aamiin…. semoga ada rezekinya…

  19. Kangeeeeennn Belitoooong. InsyaAllah tahun depan balik lagi ke sana :)Aku mau puas-puasin wiskulnya, dulu terakhir ke sana nggak banyak icip makanan lokal ihiks

    http://omnduut.com/destination.....-belitung/

  20. ira says:

    @Cek Yan: aamiin… Semoga berikutnya bisa puas wiskul di Belitung… :)

Leave a Reply

You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>