solingenSudah lebih dua ratus ratus tahun, Solingen sebuah kota di negara bagian Nordrhein-Westfalen, Jerman dikenal sebagai kota pengrajin alat-alat rumah tangga terbuat dari logam. Berbagai jenis pisau, panci, penggorengan, dan masih banyak lagi. Orang tua Emak dulu juga pernah mengatakan, pisau buatan Solingen punya kulitas sangat baik hingga tahan bertahun lamanya.

Selama ini, kami kenal Solingen hanya dari produk-produk mereka saja. Pisau-pisau sebisa mungkin kami pilih berasal dari sana. Walau pisau dari sana sebenarnya punya satu kekurangan : harganya bisanya sedikit diatas pisau lainnya. Sebagai oleh-oleh pun pisau-pisau dari sini disambut dengan suka cita oleh para penerimanya.

Bulan Maret lalu, kami sekeluarga sempat berombongan jalan-jalan ke beberapa kota di negara bagian Nordrhein-Westfalen. Diantaranya adalah Solingen. Sayangnya kami kesorean sampai ke sana. Toko-toko di pusat kota sudah tutup. Outlet pabrik alat dapur terkenal Zwilling & J.A. Haenckel juga tutup. Kami hanya bisa melihat sebagian barang-barang yang dijual lewat kaca etalase. Saat itu, melihatnya saja sudah membuat kami, para ibu rumah tangga ngiler.

Sebenarnya, jika ingin membeli produk-produk mereka tak harus ke Solingen. Di setiap toko-toko besar di Jerman seperti Kaufhof, Karstadt, dll dijual barang-barang seperti itu. Namun menurut informasi seorang teman, dengan membeli di pabrik, kita bakal mendapatkan harga miring. Apalagi untuk barang-barang sortiran. Harganya bisa 50 – 70 persen lebih murah dibanding harga di toko biasa.

Maka ketika menemukan outlet pabrik Zwilling tutup, timbul rasa penasaran luar biasa. Ingin kembali lagi ke sini secepatnya. Syukur keinginan tersebut bisa terpenuhi sebulan kemudian. Kami sekeluarga beserta teman-teman lainnya kembali lagi kemari. Sengaja kami berangkat pagi-pagi dari Düren. Dari Köln kami naik kereta menuju Solingen Hbf. Nah dari sini, pusat kota Solingen masih jauh. Mesti ditempuh dengan kereta atau bus kota. Jika naik kereta api, sebaiknya turun di Grünewald, satu halte setelah Solingen Hbf.

Outlet pabrik Zwilling & J.A. Haenckel letaknya sangat dekat dari sini. Tinggal naik menuju jembatan di atasnya, menyeberang belok kanan 20 meter-an. Sampailah kita di surga para ibu rumah tangga.

Awalnya Emak agak keder mau masuk ke toko ini. Terlihat sepi dari luar. Hanya beberapa orang tua sebagai pelanggan. Rasanya bagai masuk ke sebuah toko super eksklusif saja. Setelah di dalam, malas mau keluar lagi. melihat alat-alat dapur idaman terpampang di depan mata. Pisau-pisau dengan desain mutakhir. Wdah pisaunya terbuat dari plastik bermagnet. da talenan kyu juga bermagnet, panci-panci berat seperti milik mama dulu. berat pula di ongkos alias mahal harganya. Tak lama setelah kami, rombongan pelanggan asal China menyerbu toko. Sebagian besar mereka memborong pisau Victorinox.

Barang-barang diskon terletak di bagian belakang toko. Lama kami memilih dan memilah mana yang ingin dibeli. Menimbang apa saja yang butuh dan terjangkau bagi kantung. Pun membuka tutup panci, mengelus satu set alat makan mahal, menikmati keunikan alat makan bertema Disney lucu, mencoba pisau mahal, melihat satu per satu berjenis pisau dan panci eksklusif yang masih jadi impian. Selalu ada hal baru serta menarik kami temukan. Satu setengah jam berada sungguh terasa singkat.

Perjalanan kami lanjutkan ke pusat kota Solingen. Ramai sekali di sana. Struktur tanahnya bergelombang sehingga kami naik turun jalanan di dalam kota sana. Tapi bagi Emak, jauh menyenagkan berada di dalam toko Zwilling daripada jalan-jalan di dalam kota ini.:)

Possibly Related Posts:


Tags: , , ,

2 Responses to “Solingen, Tempat Belanja Favorit Ibu Rumah Tangga”

  1. lita says:

    wah, mak. kalo pulang ke indo bw oleh2 senjata tajam apa ga kena razia tuh?

  2. ira says:

    asal gak dibawa ke kabin, gpp..

Leave a Reply

You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>