(Sambungan dari sini)

oleh Feronica Luttmer

Kami mengujungi Istana Vimarnmek dengan menaiki bus dari Sanam luang. Hanya saja kita lupa nomor busnya. Seingatku gampang tinggal tanya saja tidak terlalu mahal dan nyaman karena ber AC. Istana Vimarnmek terbuat dari kayu jati. Kita tidak boleh membawa masuk tas kita. Kita harus menyimpan tas kita di tempat penyimpanan yang harus kita bayar. Kita boleh memotret di dalam istana tersebut. Di dalam istana tersebut banyak sekali koleksi kerajaan waktu berkunjung keluar negeri. Seperti Keramik dari negara China, Eropa. Kita dapat melihat juga mesin ketik, kamar mandi raja, serta lainnya. Pokoknya bagus. Kalau kita sudah mengujungi Grand Palace, lalu mengunjungi istana ini bisa gratis.

Bagi yang ingin naik tuk-tuk untuk mengelilingi Bangkok sebaiknya hati-hati. Karena biasanya pengemudi tuk-tuk ini berkerjasama dengan para toko seperti penjual emas, penjahit pakaian dan lainnya. Biasanya mereka menawarkan kita untuk berkunjung ke sana karena mereka mendapat komisi dari toko tersebut. Atau kalau kita cerita kalau kita akan berkunjung ke Phuket atau ke pulau lainnya, lalu mereka menanyakan kita apakah kita sudah ada tiket atau hotel di sana. Kalau belum mereka akan mengajak kita ke agen perjalanan yang tidak benar. Ini merupakan pengalaman kami.

Waktu itu karena kami akan ke Koh Samui, tapi karena kita belum punya hotel di sana. Pada mulanya kita berinisiatif untuk langsung mencari hotel di Koh Samui. Berhubung waktu itu bulan Desember terjadi tsunami dan Februari kami berlibur ke Thailand. Kami pikir mungkin hotel di Koh Samui bisa saja penuh dari turis yang sebenarnya mau berlibur ke Phuket lalu pindah ke Koh Samui. Ternyata waktu kami di Koh Samui terdapat masalah. Untungnya itu kami balik lagi ke Bangkok dan mengurus kembali. Kami bilang kalau tidak kita akan ke polisi khusus utk para turis yang mempunyai masalah. Akhirnya mereka membayar kembali uang kelebihan yang kami bayar. Mereka tidak ingin berurusan dengan polisi turis. Hotel yang kita tinggal di koh Samui harganya, lebih murah kalau kita pesan langsung di sana dan tidak sesuai hotel yang mereka janjikan. Untung saja semua berjalan dengan baik. Kalau tidak liburan kami jadi tidak menyenangkan.

Oleh karena itu kalau kita berlibur di Koh Samui tidak usah takut di sana banyak sekali hotel untuk para backpacker yang murah dan bersih.

Koh Samui, pulau ini merupakan pulau ketiga terbesar dari Thailand. Kalau Kita terbang ke Koh Samui hanya bisa terbang dengan Bangkok Airways. Karena lapangan terbang ini merupakan lapangan terbang yang di bangun oleh Bangkok Airways. Bangkok airways membangun 3 Lapangan terbang yaitu Koh Samui, Sukhotai, Trat (Koh Chang).

Dari Airport kita bisa naik kendaran angkutan yang namanya songthaeos ke daerah Lamai, Chaweng atau lainnya dengan harga 100THB. Untuk dari daerah Lamai ke Chaweng atau sebaliknya dengan angkutan kami hanya bayar 50THB.

(Bersambung)

Possibly Related Posts:


Tags: ,

3 Responses to “Thailand (Bangkok, Koh Samui, Koh Phangan, Koh Tao) (2)”

  1. syukur says:

    setiap tulisan Mbak, mungkin bisa disertai poto mbak, biar lebih oke.

Leave a Reply

You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>