Di Eropa maskapai penerbangan asal Irlandia ini, ditahbiskan sebagai yang termurah. Memang, untuk banyak tujuan penerbangan, Ryaniar mematok harga yang rasanya tak masuk akal. Hanya lima euro sekali jalan ke kota-kota besar Eropa. Seperti ke Oslo, Milan, Pisa, Venesia, Bratislava, Dublin, Goteborg, dan masih banyak lagi. Tanpa pajak airport. Seringkali kami ngiler ingin segera booking melihat harga tiket sedemikian murah. Sering-sering saja mengunjungi situs mereka atau berlangganan newsletter untuk mengetahui harga promosi mereka.

Namun, Ryanair bukannya tanpa kekurangan. Agar murah, maskapai ini menggunakan bandara-bandara kecil sebagai tempat mangkalnya. Jika ingin ke Barcelona misalnya, penumpang tak bakal turun di bandara internasional Barcelona. Melainkan di kota Girona. Sehingga dalam kota tujuan tertulis Barcelona-Girona. Plus, ada ongkos tambahan untuk menumpang bus dari Girona ke Barcelona. Sehingga jika membeli tiket Ryanair, mesti diperhitungkan pula ongkos tambahan seperti ini. Selain itu, dia memberlakukan biaya bagasi. Penumpang membawa satu tas di bagasi akan langsung kena bayar. Agar lebih murah, langsung saja pesan bagasi saat booking online. Karena jika membayar di bandara, dua kali lipat mahalnya. Ryanair juga mengenakan biaya proses pembelian sebesar 30 euro setiap transaksi. Pun masih ditambah dengan biaya lain untuk penumpang yang memilih tempat duduk tertentu, ingin lebih dahulu masuk dalam pesawat, hingga biaya penggunaan toilet pesawat. Dan, beberapa teman kami sempat mengalami ketidakpuasan ketika terbang bersama Ryanair. Walau ada juga yang puas dan nyaris berlangganan memanfaatkan jasanya.

Keluarga pelancong sebelumnya belum pernah memanfaatkan maskapai ini. Kami belum menemukan tujuan yang cocok dengan harga tiket. Biasanya kami memilih maskapai penerbangan murah jerman seperti TUIFly, Germanwings dan Lufthansa. Mereka terbang langsung ke bandara internasional di kota-kota besar Eropa. Tak perlu mengeluarkan tenaga serta ongkos ekstra lebih besar.

Akan tetapi, ketika sedang mencari tiket murah untuk liburan musim gugur kami tahun ini (2009), Emak menemukan bahwa Ryanair punya trayek baru Bremen – Kaunas (Lituania). Kaunas adalah kota terbesar kedua di Lituania. Dari berbagai informasi di internet, kota ini terlihat nyaman untuk dikunjungi. Riga, ibukota Latvia hanya empat jam dengan bus berharga terjangkau kantong kami. Kami masukkan pula ke tujuan wisata kali ini.

Harga tiket pesawatnya sendiri hanya 112 euro pp untuk 4 orang. Wow, ditambah tiket kereta api Düren – Bremen pp sebesar kira-kira 75 euro, harga ini masih sangatlah murah. Apalagi kami juga penasaran ingin mengunjungi negara-negara Baltik yang baru menjadi anggota negara Schengan di tahun 2007 lalu. Pas-lah sudah. Kini kami tinggal berdoa, agar liburan nanti bakal lancar dan menyenangkan.

Possibly Related Posts:


Tags: , ,

5 Responses to “Tiket Murah Dari Ryanair”

  1. Ocim says:

    waduh jadi pengen jalan2 ke Eropa
    tapi sayang nda ada duitnya sekarang hehehe

  2. ira says:

    moga suatu saat kesampaian, yah….

  3. Ryan Air salah satu maskapai yang mempopulerkan konsep LCC (Low Cost Carrier). Harganya tiketnya memang murah, karena untuk bagasi harus bayar sendiri, makanan harus bayar sendiri, pesen tempat duduk juga harus bayar. Maskapai kayak gini cocok banget buat orang yang hanya mau terbang saja, dalam artian nggak bawa bagasi (hanya backpack saja), nggak butuh makanan selama dalam penerbangan, dan juga nggak milih2 tempat duduk sehingga harganya memang bener2 murah..

    Untuk di Asia, maskapai sejenis yang populer dan termasuk merajai pasar Low Cost Carrier di Asia apalagi kalo bukan Air Asia Group (Indonesia Air Asia, Thai Air Asia, Malaysia Air Asia, dan Air Asia X). Pelayanannya sama persis dengan Ryan Air. Bedanya hanya di pesawatnya, kalo Ryan Air pesawatnya semua menggunakan Boeing 737-800 sedangkan Air Asia menggunakan Airbus A320. Penggunaan satu jenis pesawat saja dalam sebuah maskapai juga dapat menekan harga tiket karena lebih mudahnya maintenance dan lain2..

  4. ira says:

    terima kasih apresiasinya, ya.. Klo AirAsia kami sudah sudah 2 kali mencicipinya terbang bersama mereka. Keduanya on time. Tapi beberapa teman sampai kapok gak mau pakai maskapai ini karena delay sangat lama. untuk penerbangan seputar eropa kami memang memilih yg termurah saja. karena memang tujuannya hanya terbang hingga tempat tujuan. makan dll bisa membawa bekal dari darat…

    sekali lagi terima kasih, ya…

    salam kenal dari kami…

  5. […] dengan pesawat Ryanair sendiri sebenarnya tak ada masalah menurut kami. Pesawat kami terbang tepat waktu dari Bremen. […]

Leave a Reply

You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>