berlian-antwerpenWalaupun tak berbelanja sekeping berlian pun selama kunjungan kami ke kota Antwerpen, kami ingin menuliskan pengalaman dan beberapa tips untuk membeli perhiasan disana. Siapa tahu ada yang membutuhkan informasi tersebut.

Sejarah Antwerpen sangat panjang sebagai pusat Berlian dunia. Sebelum abad 18, semua berlian di Eropa dan Asia berasal dari India. Saat itu, para pedagang dan pengrajin berlian dari Venezia memegang monopoli batu mulia tersebut. Dari sana, berlian masuk ke Eropa melalui bagian selatan Jerman hingga ke Bruges, Belgia. Awalnya Bruges menjadi pusat pengrajin berlian. Tapi hanya bertahan sekitar 50 tahunan kemudian mereka berpindah ke Antwerpen.

Setelah ditemukan tambang berlian baru di Afrika Selatan di pertengahan abad 19, maka posisi Antwerpen sebagai pusat pengrajin berlian semakin kuat. Setelah sempat kendur di resesi dunia tahun 1930-an dan terjadinya perang dunia kedua, dimana sebagian besar orang Yahudi pengrajin berlian melarikan diri keluar negeri, mereka kembali ke Antwerpen setelah keadaan aman kembali. Saat ini, konon 70 persen berlian dunia diproses di Antwerpen.

Sebelum berangkat kemari, seorang teman sudah memberikan beberapa informasi mengenai berlian Antwerpen. Kata beliau, sebab sebagian besar pengrajin dan pemilik toko berlian adalah orang Yahudi, maka mereka kebanyakan tutup di hari Sabtu. Benar sekali. Pas kami sampai disana di hari Sabtu, banyak sekali toko tutup. Hanya toko-toko tertentu saja yang buka. Baru di hari Minggu lebih banyak toko terlihat membuka gerainya. Konon ada lebih dari 1500 toko berlian di kota ini. Yang menyebabkan Antwerpen dinobatkan sebagai kota pusat berlian dunia. Tapi di dalam dan sekitar stasiun rasanya jumlahnya tak sebanyak itu. Entahlah jika banyak tersebar toko di tempat lainnya.

Perhiasan emas yang dipakai bersama berlian biasanya menggunakan emas berkadar 18 karat (emas 750). Mungkin bagi orang Asia, kadar emas sebesar ini termasuk rendah. Namun di Eropa, perhiasaan emas kebanyakan berkadar 14 karat (emas 585), sehingga di Eropa 18 karat termasuk berkadar emas tinggi. Emas yang digunakan sebagian adalah emas putih. Kata banyak orang, berlian akan tampak lebih kinclong bila disandingkan dengan emas putih.

Tips pertama dalam membeli berlian disini adalah dengan mengetahui harga pasaran berlian. Kami tak tahu nominalnya sekarang. Menurut seorang teman, harga pasaran bila diketahui dari penelusuran di internet. Bertanya-tanya dahulu di toko-toko berlian setempat juga bisa dijadikan alternatif.

Jangan percaya dengan penawaran diskon besar-besaran di beberapa toko. Jika tak mengetahui harga pasaran, tak jarang diskon tersebut merupakan pengelabuhan. Harga sebelum didiskon jauh lebih tinggi dibanding harga pasaran.

Walau tak memajang poster diskon, jangan langsung membeli perhiasan dengan harga yang tertera di price tag. Berdasarkan pengalaman seorang kawan, harga tersebut juga masih bisa ditawar. Memang ada beberapa toko yang akatanya memberi harga pas. Tapi toko-toko lain memperbolehkan proses tawar-menawar. Sekali lagi, dalam menawar harus tahu dahulu harga pasaran berlian saat ini. Jika tak mengetahui harga pasaran pastinya, masuklah ke beberapa toko terlebih dahulu sebelum memutuskan membeli. Dengan masuk ke toko-toko dan melakukan tawar menawar, maka akan bisa kita perkirakan berapa harga yang semestinya. Dan menurut informasi seseorang lagi, harga berlian di Antwerpen dengan kualitas bagus memang lebih murah dibandingkan dengan di tanah air. Selamat berbelanja berlian!

Possibly Related Posts:


Tags: , , ,

Leave a Reply

You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>