ikan-selaisBandara Sultan Syarif Kasim II di Pekanbaru telah diperbesar. Sekarang makin ramai dan nyaman. Pekanbaru siap dikunjungi oleh lebih banyak wisatawan. Kota Pekanbaru ini sangat kental nuansa sejarahnya. Beberapa Sultan Siak Indrapura, sebuah kerajaan Melayu, pernah bermukim di Senapelan, kota tua cikal bakal Pekanbaru. Apa saja yang bisa kita nikmati selama berkunjung di kota ini?

1. Museum Sang Nila Utama

Museum ini mengoleksi benda-benda budaya Melayu-Riau. Seperti busana pengantin, mainan tradisional, alat-alat musik rakyat, dan benda-benda budaya tradisional lainnya. Lokasinya di Jl. Sudirman.

2. Perpustakaan Soeman H.S

Merupakan perpustakaan propinsi Riau yang ramai dikunjungi. Tak hanya karena koleksi bukunya. Namun juga karena keindahan arsitektur bangunannya. Dari luar, bentuknya mirip buku terbuka. Soeman HS atau Soeman Hasibuan adalah penulis kelahiran Riau, angkatan Balai Pustaka.

3. Masjid Raya Pekanbaru

Masjid tertua di kota ini.  Dibangun pada sekitar abad 18 masehi, saat Sultan Siak Sri Indrapura 4 dan 5 memegang tahta. Sejak tahun 1935 namanya resmi menjadi Masjid Raya.

3. Kompleks Makam Marhum Pekan

Persis di sebelah kompleks masjid, adalah kompleks makam Marhum Pekan atau kompleks Kuburan Raja. Adalah situs bersejarah, dimana kedua sultan Siak Sri Indrapura, sultan ke 4 dan 5 dimakamkan. Dalam sebuah bangunan beralas marmer. Juga anak menantu sultan dan keluarga sultan. Seperti makam Sayid Osman Sahabuddin, menantu Sultan Alam. Pembawa darah arab bagi keturunan Kerajaan Siak. Istrinya, Tengku Embong Badariah juga dimakamkan di kompleks. Bersama ibundanya, Sultana Khodijah atau Daeng Tijah, keturunan opu-opu Bugis penguasa Kerajaan Riau Lingga. Di bagian luar terdapat banyak makam lainnya, milik syahbandar serta kerabat sultan lainnya.

4. Pasar Bawah

Konon pasar bawah ini terkenal di antara pengunjung kota Pekanbaru. Sehingga mengunjunginya menjadi semi wajib. Dia adalah salah satu pasar tertua. Dulunya berbentuk pasar tradisional. Setelah terbakar diperbesar dan dipercantik. Ia juga sering disebut pasar turis. Cinderamata dan aneka makanan bisa dibeli di sini.

5. Balai Adat Melayu Riau

Jika ingin menyaksikan keindahan bangunan khas berarsitektur Melayu bisa ke Balai Adat Melayu Riau. Beralamat di Jl. Diponegoro. Gedung ini sering digunakan untuk acara-acara adat.

6. Masjid An-Nur

Masjid berkubah hijau, salah satu yang paling cantik di Indonesia. Setelah direnovasi tahun 2000, ia terlihat sangat megah.

7. Wisata Kuliner

Jangan lewatkan untuk menikmati kuliner Melayu Riau di Pekanbaru. Terutama ikan Selais dan pulut durian.

8. Transportasi

Pekanbaru baru memiliki sarana transportasi dalam kota murah, aman dan nyaman, Trans Metro Pekanbaru.

Possibly Related Posts:


Tags: , ,

2 Responses to “Wisata Asyik Pekanbaru”

  1. hallo kami dari klik promosi, mohon izin untuk mencopy artikel nya ya, apakah diperbolehkan? karena artikel nya sangat bagus

  2. ira says:

    Boleh asal disebutkan sumber dan ada link ke blog ini.

    Salam, ira

Leave a Reply

You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>