Salah satu yang membuat Swiss terkenal adalah posisinya di Pegunungan Alpen. Tempat ideal untuk bermain ski, sebab salju hampir selalu menumpuk di musim dingin. Hampir semua kanton (negara bagian) di negara ini memiliki pusa-pusat main ski sendiri.

Jika dihitung, jumlah ini meliputi hampir 200 tempat. Yang paling terkenal adalah Aletsch Arena, Arosa, Ascona, Crans Montana, Davos, Disentis Sedrun, Flims-Laax, Grindelwald, Les 4 Vallees, Saas-Fee, St. Moritz, Verbier, dan Zermatt. St. Moritz adalah tempat liburan musim dingin bagi kaum jetset. Mereka biasanya mulai buka di bulan November, hingga April. Tergantung ketinggian salju, tentu saja. Kalau suhu dingin tapi salju tak cukup tebal, kadang mereka juga memanfaatkan alat pembuat salju.

Lima hari di Swiss di tengah musim dingin bersalju tebal, berkali kami lewat daerah-daerah pusat main ski selama berkendara. Pertama ketika lewat Alt Sankt Johann dalam perjalanan dari Zurich menuju Liechtenstein. Entah berapa pusat olah raga musim dingin kami lewati. Yang jelas lebih dari 10.

Pulang dari Liechtenstein, kami sempatkan pula mampir ke pusat main ski di Flumserberg. Karena bawa dua alat seluncuran, kami ingin coba main seluncuran di sana. Jika tak mau atau belum bisa main ski, seluncuran (sledding) di atas salju ini jadi alternatif. Tak perlu belajar seperti main ski. Tinggal beli atau pinjam alatnya, Cari tempat agak tinggi, duduk, meluncur ke bawah. Walau kelihatannya mudah, banyak orang tak berani mencoba. Memang harus tetap berhati-hati. Sebab jika perbedaan ketinggian terlalu tinggi, maka, alatnya juga bisa meluncur kencang.

Orang-orang sudah banyak yang mengakhiri hari mereka di atas lintasan ski. Kami baru sampai. Untungnya, mencari tempat parkir jadi tak terlalu sulit di Flumserberg. Berjalan sekitar seratusan meter, kami temui loket penjual skipass atau tiket naik skilift. Kami mencari-cari tempat bermain seluncuran. Biasanya ada tempat khusus untuk main ini. Akan tetapi, di Flumserberg, tempatnya jadi satu dengan tempat orang main ski. Harus berhati-hati agar tidak saling bertabrakan. Bapak dan anak-anak main tak lama. Hanya beberapa kali naik – seluncur. Kami tak beli tiket lift. Mahal. Hari sudah malam pula.

Seluncuran babak kedua kami lakukan di Grindelwald.

Menurut pengamatan dan pengalaman teman-teman kami, biasanya orang berlibur musim dingin skalian main ski setidaknya seminggu. Mereka menginap di hotel atau apartemen sewa yang lebih murah. Di daerah main ski tersebut biasanya juga ada banyak restoran, bar, supermarket, hingga tempat disko. Pagi sampai sore main ski, malamnya disko. Sebelum main ski, persiapan harus matang. Tak hanya materi, namun juga jasmani. Kata mantan bos, sebaiknya orang berolahraga teratur agar badan fit selama liburan musim dingin. Kalau tidak, bakal gampang kram, sehingga menyebabkan terjadi kecelakaan. Yah, kalau ada rejeki, pengen juga Emak belajar main ski. hehe. Insyaallah.

Possibly Related Posts:


Tags: , , ,

Leave a Reply

You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>